Tutorial Dasar Microsoft Office Harus Di Pelajari



Di sini Anda bakal memulai mempelajari tutorial MS Office bersama dengan klarifikasi per sajian Bar dan icon-icon yang tersedia di dalamnya. Dimulai berasal dari sajian Home yang berisi tehnik basic mengetik di microsoft word, hingga pada sajian Insert dan Page Layout. Hanya saja kami tidak menjelaskan seluruh menunya, menyerupai references dan sebagainya dikarenakan beberapa jarang digunakan, bahkan kalau cuma untuk mengerjakan kiprah gampang yang tidak butuh pengaturan khusus.

a. Home




Bagian Home yakni sajian yang paling pertama dan paling dulu aktif waktu kami pertama kali terhubung Microsoft Word, supaya anggota ini pula yang menjadi anggota paling penting didalam studi MS Word. Makara tanpa diapa-apakan segera terbuka. Fungsi menunya pun merupakan yang paling banyak dipakai untuk sasaran pengetikan standar, menyerupai merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:


  1. Cara Mengganti Font / Jenis Tulisan : Pada gambar pertama di atas memperhatikan bundar yang ditandai bersama dengan angka 1. Nah, tidak mengecewakan klik tanda menyerupai ujung anak panah di sampingnya semoga seluruh jenisnya segera tampak. Tapi sebelum akan itu, blok dulu kata, kalimat atau paragraf yang bakal dirubah style hurufnya supaya tools ini sanggup bekerja. Cara memblok goresan pena yakni bersama dengan langkah klik di samping goresan pena yang bakal diblok kemudian tekan dan tarik hingga selesai kata yang bakal dipilih, sesudah itu gres merasa mengganti fontnya.
  2. Cara mempertebal (bold), memiringkan (italic) dan memberi baris bawah pada kata (underline) – Tutorial MS Word ini dilakukan untuk memperjelas atau memberi tanda pada kata penting. Caranya blok dulu tulisannya kemudian pakai tools yang tersedia di didalam bundar yang ditandai bersama dengan angka 2.
  3. Memberi angka atau abjad pada daftar spesifik – Misalnya saja kau rela buat resep kuliner dan menunya terdiri berasal dari bermacam bahan, maka supaya listnya diberi angka atau abjad di awalannya maka langkah ini digunakan. Adapun caranya yakni bersama dengan memblok seluruh kalimatnya kemudian pada bundar yang ditandai bersama dengan angka 3 di atas tinggal pilih dan klik style bullet plus numbering-nya.
  4. Cara Mengatur posisi paragraf – Kalau kau rela menulis tulisannya rata kiri, kanan, tengah atau rata seluruh kiri dan kanan maka anggota pada bundar no 4 di atas yang digunakan. Caranya simple sekali, klik sekali saja pada paragraf atau kalimatnya kemudian pakai salah satu tools didalam bundar no 4 tersebut. Biasanya kalau sebabkan judul dipilih yang ‘center’ semoga lebih menarik.


b. Insert


Menu Insert fungsinya untuk memasukkan data atau pengaturan didalam ketikan dan yang paling umum menyerupai langkah sebabkan tabel, meningkatkan gambar, grafik, bermacam wujud gambar kotak, bundar dll, memberi link didalam tulisan, mengimbuhkan catatan kaki dan header atau cop pada surat, dan sebagainya yang sepenuhnya penting dilakukan untuk melengkapi goresan pena yang kami buat melalui MS Office. Untuk laksanakan seluruh langkah di bawah maka kau mesti laksanakan langkah ini : Klik Insert >> kemudian klik Icon yang disebutkan di bawah.


  1. Bikin Tabel – Untuk sanggup sebabkan tabel maka memperhatikan pada gambar ke dua di atas yang diberi angka 1. Cukup klik kemudian tarik ke samping kanan untuk meningkatkan kuantitas kolomnya dan tarik ke bawah untuk meningkatkan baris tabelnya.
  2. Memasukkan gambar – Sebenarnya bersama dengan langkah copy-paste saja bisa, tapi kalau rela yang cocok mekanisme tidak mengecewakan klik pada icon no 2 di atas.
  3. Clip Art – Yang ditandai angka 3 di atas. Gunanya untuk memasukkan daerah apa saja, bukan cuma gambar, video dan file lainnya.
  4. Shapes (nomor 4) – Ikon ini dipakai untuk kepentingan sebabkan bermacam gambar basic berupa kotak, linkaran, setengha lingkaran, bintang dan lainnya. Caranya tidak mengecewakan klik saja maka otomasis kursor yang digerakkan bakal membentuk gambar tersebut. Adapun ukurannya mengatur bersama dengan tarikan kursornya.
  5. Cara sebabkan grafik – Dalam studi MS Word, sebabkan grafik yakni salah satu tutorial penting dikarenakan kerap dipakai untuk penulisan data, menyerupai data penjualan, karyawan dan sebagainya. Toolsnya tersedia pada angka 5 di gambar ke-2 di atas. Caranya tidak mengecewakan klik kemudian pilih modelnya dan terakhir klik ‘Ok’. Adapun pengaturannya bakal dijelaskan lebih lengkap didalam halaman lain.
  6. Cara Memberi Link Pada Tulisan di MS Office – Hyperlink yang ditandai bersama dengan no 6 di atas dipakai kalau didalam artikelnya idamkan diberi link situs yang dikala diklik bakal segera masuk ke webnya selama komputernya tersembung bersama dengan internet.
  7. Bikin Header, Footer dan Menambah Nomor Halaman – Kalau buat kop surat baiknya jangan manual tapi pakai icon ini. Pada gambar bersama dengan tanda no. 7 klik goresan pena ‘Header’ untuk merasa meningkatkan kolom spesifik di atas ms office yang kau gunakan. Tapi waktu diklik bakal tersedia beberapa pilihan, menyerupai posisi tengah atas, samping dan bawah atau yang dipojok kiri atas dan bawah. Demikian termasuk pada Footer / Catatan Kaki dan untuk memberi no halaman file kerja microsoft wordnya.
  8. Symbol (no. 8) yakni untuk mengimbuhkan simbol kecil waktu mengetik, apakah itu berupa gambar unik, tanda, atau pun abjad spesifik yang tidak tersedia didalam style font yang disediakan. Caranya tidak mengecewakan klik kemudian pilih yang cocok yang kau cari.


c. Page Layout


Pada sajian Page Layout ini kau tidak kembali berurusan soal studi MS Word pada tehnik penulisannya, tapi udah masuk ke pengaturan hasil ketikanmu. Beberapa yang dilakukan yakni pilih margin (batas pinggir pengetikan di atas, samping dan bawah), mengatur spasi, wujud lembaran apakah memanjang atau melebar, pilih ukuran kertas, dan termasuk kolom goresan pena apakah cuma 1 kolom atau dibikin menyerupai suratkbar dan tetap banyak lagi.


  1. Margins – Untuk mengatur lebar batas goresan pena di atas, samping kiri dan kanan serta bawah. Maksudnya kami mengatur supaya pengetikan berhenti hingga pada garis yang ditentukan dan supaya terlihat rapi. Caranya, klik pada icon bersama dengan tanda no 1 di atas kemudian atur angkanya cocok selera.
  2. Orientation – Ini untuk mengatur wujud penulisannya apakah melebar atau memanjang ke bawah. Ini termasuk bakal bermanfaat untuk mengatur hasil print ketikanmu di microsoft office yang mana tampilan tulisannya apakah melebar atau memanjang pada kertas HVS yang dipakai untuk mencetak. Caranya tidak mengecewakan klik dan pilih salah satunya.
  3. Size – Cara mengatur ukuran kertas apakah HVS (A4) atau Folio, Letter atau Legal yakni bersama dengan pakai icon didalam insert yang no 3 di atas. Biasanya untuk kiprah sekolah menyerupai sebabkan makalah dipakai A4 atau Letter.
  4. Columns – Funsi icon Columns ini yakni untuk sebabkan tulisannya berkolom-kolom menyerupai seakan-akan goresan pena surat kabar. Jika tidak idamkan pakai ini maka tidak usah diklik dikarenakan otomatis tiap tiap halaman di ms word segera didalam wujud 1 kolom.
  5. Indent – Untuk Mengatur posisi paragraf apakah agak masuk atau dibikin sempurna pada marginnya maka icon bersama dengan tanda nagka 5 ini yang digunakan. Tinggal cobalah atur bersama dengan merubah angka pada Left dan Right-nya.
  6. Spacing – Cara mengatur spasi goresan pena berasal dari ketikan yakni bersama dengan pakai tool angka 6 di gambar ke tiga di atas. Before artinya spasi sebelum akan paragrafnya dan After yakni setelahnya. 


Mengenai Menu Bar yang lain seperti, References, Mailings, Review, View, Add-Ins, dan Acrobat sanggup dibilang jarang dipakai untuk sasaran pengetikan dasar, kalau untuk sasaran tertentu, menyerupai memahami kuantitas cii-ciri pada sajian Review >> Word Count atau Add-Ins untuk pakai aplikasi yang diinstall ke dalamnya menyerupai Al-Qur’an in Word dan sebagainya.

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word


Jika kau buat makalah atau kiprah sekolah maka kerap sekali menampilkan daftar mengisi di dalamnya kan. Nah kau kan kerap liat tersedia titik-titik sebelum akan angkanya? Kalau sanggup jangan dibikin manual tapi secara otomatis aja, semoga lebih rapi.

Cara ini dilakukan kalau apabila seluruh halaman udah siap dan judul berasal dari tiap tiap cuilan dan pembahasannya udah ditambahkan pada tiap halaman. Karena kalau tidak maka langkah ini tidak sanggup berjalan.


  1. Pertama pada tiap halaman atur dulu style Heading-nya, apakah pakai Heading 1, 2, atau 3. (Lihat di anggota sajian Home).
  2. Selanjutnya pada halaman spesifik daftar isinya termasuk diatur Headingnya cocok di tiap halaman.
  3. Berikan termasuk halaman pada tiap halamannya melalui “Insert” >> “Page Number”
  4. Berikutnya klik sajian “References” kemudian “Table of Contents”
  5. Plilih “Automatic Table 1” atau 2 maka secara otomatis bakal segera terlihat titik-titik bersama dengan angka dibelakangnya.


Cara Membuat Tabel di MS Word


Hanya tersedia beberapa langkah untuk sebabkan tabel yang disertai bersama dengan kolom dan baris yang sanggup kami atur sendiri jumlahnya. Sebenarnya udah disinggung di atas, cuma saja di sini dibikin lebih lengkap penjelasannya semoga lebih gampang dipahami. Berikut langkahnya (ikuti menurut nomor) :


  1. Klik sajian Insert
  2. Klik ‘Table” yang tersedia di kronologis ke 4 berasal dari gugusan icon yang ada.
  3. Goyangkan atau lewatkan mouse di atas kotak-kotak kecil yang terlihat untuk mengatur kuantitas kolom dan barisnya. Dan kalau udah pas, tinggal klik sekali.
  4. Setelah tabel terlihat tinggal atur lebar kolom dan barisnya bersama dengan langkah arahkan kursor pada anggota atas garis persis hingga terlihat tanda panah yang slaing bertolak belakang (jika belum usahakan hingga kursor persis berada di atas baris). Jika udah segera klik dan tahan kemudian tukar sesukamu.
  5. Jika udah diatur lebarnya, tinggal merasa menulis bersama dengan tidak mengecewakan klik sekali didalam kolomnya. Praktis kan?


Sudah dulu ya… Tutorial – Belajar MS Word (Cara Mengetik, Membuat Daftar Isi, Tabel dan lain2) ini. Kalau tersedia instruksi dan kritik silahkan berkomentar, dan kalau tersedia yang kurang dipahami silahkan olok-olokan pertanyaan, kalau bukan kami yang jawab tentu tersedia salah satu pengunjung yang sanggup bantu cari solusinya. Yang jelas… tutorial MS Office ini di sajikan untuk seluruh pemula yang gres pertama kali pakai komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel