Solar Cell Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian Listrik Solar Cell Terlengkap

  Kembali lagi di persinggahan . Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan wacana Apa "Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap. sudah banyak kita temukan solar cell, Apa itu di pertigaan lampu merah, pinggir jalan raya, atau yang lainnya. namun Apakah kalian sudah tahu apa yang dinamakan dengan solar cell. Nah Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan wacana solar cell.

Pengertian solar cell

  Solar cell ialah suatu rangkaian atau perangkat keras yang sanggup mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. yang didalamnya memakai prinsip portovoltaic effect. portovoltaic effect itu sendiri merupakan kondisi di mana keluarnya tegangan listrik lantaran adanya koneksi kontak dari dua elektroda. yang berafiliasi dengan sistem padatan atau cairan ketika mendapatkan energi cahaya matahari. Oleh lantaran itu solar cell pelajaran disebut juga dengan portovoltaic cell. Henri Becquerel merupakan seseorang yang pertama kali menemukan portovoltaic effect pada tahun 1839.

  Saat energi foton cahaya matahari di terima oleh rangkaian alat tersebut. gres muncul lah aliran listrik yang disebabkan oleh lepasnya elektron elektron dalam sambungan tipe N dan tipe P untuk mengaliri. solar cell hampir sama dengan dioda photo (photodiode). yang di mana keduanya mempunyai kaki nyata dan negatif yang terkoneksi dengan perangkat yang membutuhkan sumber daya listrik.

  Secara terstruktur solar cell ialah dioda foto yang mempunyai permukaan serta ukuran yang sangat besar. oleh ukurannya ini solar cell lebih sensitif terhadap cahaya matahari yang terpancar. serta tegangan dan arus listrik yang dihasilkan pun lebih besar lengan berkuasa dibandingkan dioda photo pada umumnya. sebuah solar cell yang dibentuk dari materi semikonduktor sanggup menghasilkan tegangan listrik hingga 0, 5 volt dan arus listrik 0, 1 ampere ketika terkena pancaran sinar matahari.

  Pada ketika ini teknologi solar cell sudah sangat diaplikasikan ke aneka macam macam perangkat dan sudah banyak penggunanya. mulai dari sumber listrik pada kalkulator, pengisian baterai, lampu lampu jalan, pembangkit listrik, hingga sumber listrik untuk menggerakkan satelit yang mengorbit di bumi.

Di bawah ini ialah tumpuan struktur dan simbol susunan serta bentuk solar cell yang banyak kita lihat.



Cara kerja solar cell

  Solar cell terbentuk dari partikel-partikel yang sangat kecil yang terdapat dari sinar matahari dan disebut dengan foton. ketika terpapar sinar matahari, foton merupakan partikel dari sinar matahari tersebut menghantarkan atom semikonduktor silikon solar cell yang sanggup menghasilkan energi yang cukup besar guna untuk memisahkan antara elektron dan struktur atomnya. elektron yang telah terpisah dan bermuatan negatif (-) akan bebas bergerak pada kawasan pita konduksi dari materi bahan semikonduktor. ketika itulah terjadi kekosongan struktur pada atom yang telah terlepas dari elektronnya. kekosongan tersebut dinamakan dengan "hole"dengan muatan positif"

  Pada kawasan semikonduktor yang mempunyai elektron bebas ini berperan sebagai pendonor elektron yang bersifat negatif. kawasan semikonduktor ini dinamakan semikonduktor N-type. sedangkan pada kawasan konduktor yang mempunyai hole bersifat nyata dan mempunyai kegunaan sebagai akseptor elektron disebut dengan semikonduktor P-type.

  Saat persimpangan atau pertemuan antara kawasan negatif dan kawasan nyata (PN Junction) akan menghasilkan energi yang sanggup mendorong hole dan elektron untuk bergerak ke arah berlawanan. yang di mana hole akan menjauhi pada kawasan nyata dan elektron akan menjauhi kawasan negatif. nah pada ketika itu sanggup menunjukkan sebuah beban berupa lampu atau rangkaian listrik lainnya pada kawasan PN junction. alasannya ketika itu arus listrik telah dikumpulkan.

Rangkaian listrik solar cell

  Solar cell tersebut gak jauh beda dengan sumber listrik lainnya ibarat baterai dan aki pada umumnya. solar sel sanggup dirangkai secara seri maupun pararel. secara umum solar sel sanggup menghasilkan tegangan listrik sebesar 0, 45 hingga 0, 5 volt. dan arus listrik sebesar 0, 1 ampere. ketika mendapatkan Sinar cahaya yang cukup terang oleh matahari sama ibarat baterai solar cell yang dirangkai secara seri akan meningkatkan tegangan voltase. sedangkan solar cell yang dirangkai secara paralel akan meningkatkan arus current. di bawah ini ialah tumpuan dari rangkaian paralel dan seri.


  Demikianlah pengertian wacana "Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap biar artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. hingga jumpa pada artikel berikutnya dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel